Senin, 25 April 2016

Bab.II.hal.8 # Ada Rindu di Jantungku

##, Bertemu di SMP

Pontianak : pertengahan tahun 1981.


Cinta Luar Biasa


Aku kemudian mendaftarkan diri di SMP Negeri setempat.  

             Setelah melewati proses sebagaimana mesti nya, aku di tempatkan di kelas satu  dan, ya Tuhaan, ternyata gadis kecil itu, satu kelas dengan ku. 

           Bisa di bayangkan, betapa gembira dan bingung nya aku.  Gembira, karena aku dapat melihat nya  setiap hari. Bingung karena aku takut tak sanggup menahan perasaan ku. Seringkali ketika mata kami bertumbukan secara tak sengaja, dadaku terasa seperti di hantam benda keras. Dug,! 

Dan getaran itu merambat ke jantung yang berubah berdenyut lebih cepat. Memompa darah memerahkan muka

 Kadangkala,

        Ia lalu menundukkan kepala nya, sementara aku  menatap nya dengan penuh rasa yang tak ku mengerti. Senyum merekah di bibir ku. Serasa ada gemuruh ombak berdesir dan menghantam batu karang dengan keras.

            Serasa ada tiupan angin sepoi-sepoi yang berhembus dari pegunungan dan membelai lembut wajahku, lalu menelusup diantara tenggorokan dan turun ke dada. Segaaar! Seperti aku baru saja menghabiskan sebotol minuman fanta dingin, ditengah hari yang sangat panas.

         Di lain kesempatan, aku tak sanggup mengangkat kepala, ketika berada di dalam kelas. Lewat sudut mata, kulihat ia sempat mencuri pandang ke arah ku, lalu tersenym kecil sendiri. Apakah itu sebuah pertanda? 

Dari hari ke hari, perasaan ini begitu bertambah kuat, bertambah hebat, dan kadang terasa menyesakkan dada. 

Aku bingung apakah mungkin Ia menerima ku?

 Apakah mungkin, kami yang masih bau kencur, 

Merajut yang nama nya cinta?  

Tidak kah terlalu dini??




Dan Ya Tuhan, 
Gadis kecil itu sekelas dengan Ku - 
Gambar Ilustrasi

Di kelas ku, 

                Ia duduk dengan teman ku semasa Sekolah Dasar,: Ida.  Melalui Ida, aku mencoba mendekati nya. Aku mencoba mencari tahu hobby dan kegemaran nya. Minat dan  bakat nya. Kesukaan  dan hal yang dibenci nya. Upaya ini kuanggap perlu, agar aku tak salah dalam menentukan  langkah dan sikap, dalam upaya mendekati nya nanti.  fikir ku. 

Begitulah, .....

              Kebetulan aku memiliki sedikit kemampuan di bidang pelajaran terutama matematika. Modal ini bisa diandalkan untuk menunjuk kan kemampuan ku, di hadapan nya.

              Sementara ia merupakan peminat seni. Hobby nya menyanyi. Sedang aku memiliki bakat di bidang menulis, dan mampu menciptakan puisi pendek dengan guratan terbatas., dalam waktu singkat


Setiap hari bagi ku sekarang ini, adalah hari yang indah.

 Aku merasakan cahaya matahari khatulistiwa begitu bersahabat dengan ku. 

         Tiap desiran angin adalah kabar tentang nya.  Seperti berbisik lembut di telinga, membawa lantunan melodi rasa, gejolak remaja, sumringah, berbunga-bunga. 


        Kadang konsentrasiku pecah, mata ku menatap papan tulis, sementara fikiran ku mengembara jauh entah kemana. Sesekali aku melirik dan mencuri pandang dari sudut mata ke arah nya. 

Dada ku terasa membuncah.

 Bergejolak dan menggemuruh tak tau sebab nya. 

Ada semacam rindu disana. 

Ada rasa malu. 

Ada rasa bahagia. 

Ada rasa cemas. 

Bercampur aduk dan membuatku resah,... 



Gambar  Ilustrasi




            Cinta remaja adalah rasa kepolosan seorang anak manusia. Fase dimana hormon testosteron nya mulai aktif, dan mulai mimpi basah. Mimpi di mana sebagai penanda dan pemisah, antara masa kanak-kanak, memasuki masa akil baligh, bagi seorang anak lelaki remaja.


          Sementara anak remaja wanita, di tandai dengan kedatangan tamu bulanan yang menandakan aktif nya system refroduksi nya, sebagai persiapan kelak menjadi seorang ibu, bagi manusia baru, yang tumbuh dan berkembang di rahim nya.



Bagi ku sekarang ini , menjalani hari adalah meniti keindahan. 

Dalam banyak waktu , dan tiap kali, :

            Senyum nya yang sempat kulihat dengan mencuri pandang, adalah siraman kesejukan di dada. Tawa renyah nya, yang kudengar dari kejauhan, - atau kadang di sebelah ku di dalam kelas - , adalah  konser kebahagiaan  yang memacu jantung ku  berdetak lebih cepat.

              Semakin lama, Rasa ini semakin  tak dapat ku tahan dan ku bendung, membuncah dengan hebat, menggemuruh seperti lahar gunung ber api yang mendidih. Aku sering gelisah sendiri tanpa tau penyebab nya. Kadang dada ku seperti terhimpit batu besar, sesak dan sulit bernafas, tiap kali melihat Ia melintas. Akhh, inikah cinta?



Gambar Ilustrasi


                  Remaja adalah fase dimana seorang anak manusia ber transisi mencari jati diri nya. Dalam tahap ini, pengalaman hidup yang membentuk nya akan berpengaruh besar pada langkah selanjut nya. Masa ini adalah masa pancaroba, artinya mereka akan melakukan apa saja, agar diterima dalam kelompoknya. Masa ini juga masa coba -coba. Didorong oleh rasa ingin tahu yang begitu besar, mereka tak segan mencoba apa saja yang disodorkan dan ditawarkan oleh zaman nya. 

Tak jarang pengalaman mencoba pada masa remaja membuat seseorang menjadi bukan diri nya. Kehilangan jati diri demi pengakuan kelompoknya. 

                Kehilangan arah dan tujuan hidup nya, kehilangan harapan dan cita-cita nya, menenggelamkan diri dalam narkoba, alkohol, dan tindakan yang merusak masa depan nya sendiri.

Fase ini sangat rentan dan riskan. Demi pengakuan identitas diri nya, tak jarang mereka memilih mengikuti arus  zaman yang tengah bergejolak di saat itu.


              Pada masa ku, minuman keras ber- alkohol adalah identitas remaja sebaya ku. Ada pameo, "kalau ga minum, ga gaul ,!" Tapi aku memilih menentang arus

             Aku menolak segala bentuk minuman keras. Aku mengingat pesan ayah ku, bahwa minuman keras akan mengalir dalam darah kita, dan jika tiba masa nya kita ingin membuang nya, akan sulit sekali. 

Belakangan aku baru tau, ternyata kecanduan alkohol, memang hal yang sangat sulit untuk di sembuhkan, butuh waktu  dan therapy khusus. Akh , syukurlah aku tak pernah menyentuh nya ,!"





Kisah cinta Remaja



Cinta adalah derita


Yang mencintai mu 

adalah yang berjuang senyum di depan mu,

Seraya mengubur rasa nya 

karena berharap kau peka menangkap geletar sukma nya


Yang mencintai mu 

adalah bayang mu saat terbujur dan terpuruk,

Saat pulih dia melenggang

 karena kau tak juga menangkap binar mata nya


Yang mencintai mu

 adalah yang menghampiri mu saat kesepian, 

lalu menghindar karena sadar 

dia hanya pengisi sepi mu


yang mencintai mu 

adalah yang tak pernah mengucapkan cinta,

karena khawatir kau menolak nya

lalu menjauh demi merawat cinta nya


Yang mencintai mu 

adalah ia yang rela dicintai orang yang tak dicintainya

Karena merasa kau hanya bisa dicintai 

dan tak siap mencintai


yang mencintai mu 

adalah yang merawat cinta melalui rasa hormat nya pada mu

dan  menuangkanya  dalam tangis nestapa

beriring hujan air mata


Yang mencintai mu 

adalah yang paling gigih menolak di duga jatuh cinta

tapi setiap detik mu, dalam detak nya


yang mencintai mu 

adalah yang sakit saat kau sakit

dan saat kau pulih, dia belum pulih


Yang mencintai mu

 adalah dia yang tak sanggup menatap mata mu

dan tubuhnya menggigil tiap kali melihat mu


Yang mencintai mu 

adalah yang terlihat canggung dan salah tingkah 

tiap kali kau sapa

dan mukanya memerah 

lalu tak mampu berkata kata



STQ  Nasional , Juli 2019 , Pontianak