Rabu, 27 April 2016

Bab.IX. hal.39# Mengadu Nasib ke Pulau Dewata,

##, Merantau ke Bali, 1998

Pulau Bali 



Bali -Trans Tv Official Channel


       Krisis moneter yang merupakan bencana  bagi daerah lainya, tidak demikian dengan pulau Dewata. Di Bali krisis moneter justru merupakan Berkah. Dengan naiknya nilai tukar dolar terhadap rupiah, para wisatawan dan turis jadi sangat hobby belanja. 

Mereka beli  apa saja. Karena hitungan bayar dengan mata uang mereka, nilai nya jauh lebih murah. Kebetulan ada teman ku disana, yang buka usaha dibidang kulit finish, biasa disebut Supplier kulit. 



Meeting  : Gambar ilustrasi


       Kulit ini merupakan bahan baku untuk  penjahit atau tailor, pengrajin tas, pengrajin sepatu, dan sandal, serta pengrajin lain nya yang menggunakan kulit sebagai bahan baku produk nya., termasuk tentu saja yang terutama  Pengrajin jaket kulit khusus nya.



 Panbers : Reynaldi Channel


        Setiba di Bali, kusampaikan niat ku kepada teman ku itu, dan aku disarankan untuk membantun nya dengan mencari pelanggan baru untuk memasarkan barang yang menumpuk di gudang. Untuk sementara, dia menyediakan tempat untuk  bertahan, dan menjamin kebutuhan hidup ku sekedar buat makan, selama aku masih mencari jalan.


      Aku mulai dengan membawa beberapa lembar contoh kulit nya, dengan berjalan kaki, Ku kelilingi kawasan Legian, Kuta Square, Seminyak, Gang Menuh, Melasti, sekitar Paddis CafĂ©, dan tempat –tempat dimana banyak terdapat tailor, penjahit  jaket , skirt  dan pengrajin sepatu serta sandal di sekitar situ, yang memerlukan bahan dasar berupa kulit finish lembaran.




Gambar - Ilustrasi 




Alhamdulillah, 

     Mereka merespon baik, dan sudah mulai ada pesanan yang masuk hari itu juga. Aku sangat bersyukur, kelihatan nya, aku  akan menemukan peluang usaha baru disini, gumam ku.

        Dalam waktu yang cukup singkat, sekitar tiga bulan saja, aku sudah bisa mendapatkan penghasilan yang cukup memadai. Penghasilan itu kubagi, sebagian untuk kukirimkan istri, sebagian untuk keperluan ku sendiri buat bayar kost, biaya hidup, transport, dsb. 

Hanya sekitar dua minggu saja, aku menumpang ditempat teman ku itu, aku kemudian kost sendiri, dan tidak lagi merepotkan nya.



Keiindahan Pantai Kuta - Krisna Euy Channel


Perlahan usaha ku mulai berkembang , maju. 

       Aku mulai dikenal, pelanggan ku bertambah, jaringan ku meluas dan aku mulai mengumpulkan modal, untuk membeli bahan baku yang datang dari pengrajin kulit  finish dari luar Bali, yang biasa  mencari jaringan market ke Bali.

   Kebetulan aku bertemu dengan seorang produsen kulit tradisional, penyamak tradisional dari Jawa Barat,  kawasan Soreang, yang butuh uang buat pulang, karena tagihan barang yang dikirim tempoh hari, belum dibayar oleh pembeli nya. 

Dalam  kebingungan nya,  kami bertemu. 

     Dia bercerita banyak hal, dan memohon bantuan ku untuk menampung sisa barang nya, ada sekitar dua ribu Square feet,  yang belum terjual. 



        Ku katakan, aku tak punya uang buat bayar semua nya, tapi jika ia percaya, aku sanggup membeli nya, dengan cara pembayaran bergelombang, setiap minggu setoran transfer.

       Subhanallah, dia setuju dan percaya menitipkan barang nya pada ku. Jalan mulai terbuka, dan kesempatan mulai kelihatan. Trima kasih Tuhan.

    Kulit lembaran itu ku simpan di kamar kost ku, ku pasarkan pelan-pelan, dan aku mendapatkan hasil yang sangat lumayan. Sesekali aku tetap memasarkan barang teman ku itu, dan berdiskusi dengan nya



       Suatu ketika, tiba –tiba saja, entah darimana datang nya, aku merasa rindu pada ibuku. Aku merasa ingin sekali bertemu beliau. Berhadapan dengan nya, dan memegang tangan nya. 

Ketika jadwal ku pulang kerumah menjenguk istri dan anak ku, niat itu kuutarakan pada nya.



Sudut Wisata di Bali- 
Dhey Aquarius Channel


          Istriku mendukung sekali dan dia tidak keberatan untuk kutinggal sekitar dua minggu pulang ke Ponty guna bersilaturrahmi dengan kedua  orang tua ku, yang mungkin  sangat rindu pada ku, setelah terpisah Sembilan tahun lama nya.

Aku segera mempersiapkan segala sesuatunya, memesan tiket kapal, dan siap berangkat!    




Cinta Sejati  - BCL