Rabu, 27 April 2016

Bab.VII.hal.24 # Luka Jiwa Masih Menganga

##Luka Jiwa masih menganga,


 Pulau Jawa, sepanjang tahun 1990- 1996 



Mencintai Mu adalah sumber kekuatan Ku- 
Galliyan  song- 
Hariyadi Putra Channel


          Kadang, ketika sendirian di kamar ku, ingatan tentang kenangan masa lalu itu kembali melintas di benak. 


Kenangan tentang tanah kelahiran ku. Kenangan tentang nasib cinta ku. Kenangan tentang sahabat dan teman ku, yang sekarang  terpisah jauh.

 Tengah malam, sering aku terbangun untuk tahajut. 

           Sendirian, aku bersujud dan memohon dengan tangisan dan cucuran air mata, agar aku diberi kekuatan untuk melupakan sesosok wajah, yang masih kerap hadir dalam mimpi ku.





Sakitnya Aku Mencintaimu - Puisi


       Apa kabar nya sekarang? 

       Apakah ia sudah menikah, dengan pemuda pilihan hati nya? Apakah Ia pernah mengingat ku? Apakah ia mengetahui, bahwa aku menyimpan rindu pada nya, hingga hari ini, hingga saat ini? 


          Berjam- jam kadang aku bermunajat pada Allah, memohon agar jika ia memang bukan jodoh ku, maka cabutlah rasa cinta ini dari batin ku.  Jika kami memang tak di takdirkan bersatu, maka bebaskanlah aku, agar dapat membuka hati dan jiwa ku, untuk melihat dunia, dan mencintai selain Dia?




Bulleya OSt Ae Dil Hai mushkil -
 dea fitria m channel



          Setelah puas berdoa, aku kadang membaca buku, mengaji, dan akhirnya terlelap dalam keletihan jiwa raga, yang dihunjam derita , dengan menahan rindu dendam cinta, pada sesosok raga, yang dulu melintas dihadapanku, ketika aku masih berusia sepuluh tahun, di depan sekolah dasar SD.18,

         Ketika  itu, aku masih duduk di bangku kelas tiga Sekolah dasar, seorang anak kecil, yang cinta nya lahir secara premature, mendahului usia nya, mendahului zaman nya, yang mengakibatkan derita dan luka batin sangat parah, hampir sepanjang hidup nya,  mengikuti kemanapun langkah nya .




Sholat Tahajut  



Hidup memang mistery.


        Tak pernah kumengerti jika suatu masa dari perjalanan usia, aku mengalami rasanya jatuh cinta. Pernah kubaca dalam banyak novel remaja, tapi aku menganggap nya tak lebih hanya sebuah karya imajiner penulis nya saja.


         Ada juga buah karya Buya Hamka yang pernah kubaca, :" Di bawah Lindungan Ka"bah," dan ," Tenggelam nya Kapal Van Der wijk ," buah karya sastra  yang sangat indah. Tapi tetap saja aku menganggap nya tidak lebih dari tulisan tangan seorang ulama dari sisi yang berbeda dengan keseharian nya.



Klik disini : 



           Sekarang aku tau, bahwa cinta adalah mistery terbesar ummat manusia. Cinta yang menjadikan seorang ibu, bersedia mempertaruhkan nyawa demi anak nya. 


Cinta seorang ayah, yang menjadikan nya tegar menantang hujan dan panas, demi keluarga nya, istri dan anak nya dirumah.


           Cinta seorang manusia kepada manusia lain nya, yang membuat Bunda Theresa  bergaul rapat dengan para penderita kusta di India.


Dan cinta Khadijah binti Khuwailid yang menopang Muhammad dengan segala yang dimiliki nya, harta benda, jiwa raga, dalam mengemban misi kerasulan nya.


Cinta adalah bentuk mistery yang dapat mengubah dunia.





Cinta yang berbeda arah hidup




            Kekuatan cinta tak dapat di bayangkan akibat yang dapat di timbulkan nya. Bagaimana seorang Shah Jehan membangun " Taj Mahal," di Agra untuk permaisuri nya yang menjadi legenda keindahan hingga akhir masa.


            Dalam Alquran di kisahkan cinta Zulaikha kepada nabi Yusuf, yang membuat nya melakukan hal tercela, bahkan memfitnah dan menjadi penguji keimanan seorang Rasul Allah. 

Meskipun demikian sampai masa tua nya,

          Ketika Allah meng anugrahkan cahaya iman kedalam hati nya, dan memerintahkan Nabi Yusuf untuk menikahi nya, sebagai penghibur hati nya,  Zulaikha yang sudah tua renta dan buta, kemudian dikembalikan kecantikan nya, Ia menemukan cinta nya. 

                   Setelah  puluhan tahun menderita


           Di kesustraan Barat kita mengenal kisah cinta Romeo dan Juliet. Meskipun ditulis ulang dalam banyak versi, inti nya adalah mereka berdua memilih hidup bersama atau mati bersama.


             Kisah cinta tak pernah habis ditulis, dalam tiap masa dan tiap bangsa. Semua bangsa di dunia memiliki kisah cinta legenda, dalam versi mereka. Ada Loro Jongrang dengan seribu candi nya. Ada Roro mendut dengan kisah nya. Ada Kendedes dan Ken Arok, Qais dan laila, Aladdin dan putri raja, nabi Sulaiman dan Ratu Balqis, serta Veer dan Zara.


Cinta rupanya anugrah yang luar biasa dari sang pemilik cinta hakiki, 
Dia yang menciptakan manusia, dan penguasa hati. 


            Di kota ini, sambil belajar di pesantren, aku juga mengambil kuliah malam, hingga berhasil menyelesaikan S1 dibidang ilmu hukum di salah satu universitas yang ada di kota pelajar ini. 






Disudut Pontianak Cinta Terpenjara


Gerimis bertaut membasahi bumi

Rinainya jatuh menjadi tangisan 

Rasa ini membeku, Membatu

 Ingatan kisah lalu



Saat kita masih remaja 

 Waktu  di kampung bersama mu,

 Biarlah nafas ku bercerita tentang mu

Bersajak indah memanggil nama mu ,

 Aku teramat merindukan mu  



Aku rindu.

Rindu masa itu.. 

Rindu saat itu, 

ketika kita beriringan 

Berjalan pulang dari sekolah

Ketika kita bercanda bersama 

Dan ketika kulihat tawamu yang merekah 



Dari relung jiwa terdalam

 Berbisik doa merajut  asa

 Semoga kau disana,  

sentiasa bahagia